OmJamal.Com

Perbedaan Bahan Bakar Premium Pertalite Dan Pertamax

OmJamal.Com – Halo sobat apa kabar semoga sobat dalam keadaan sehat dan dilimpahkan rizki. Pada kesempatan kali ini Om Jamal akan memberikan sedikit informasi “Perbedaan Bahan Bakar Premium Pertalite Dan Pertamax”.


Baca Juga:
Cara Ngecas HP Yang Benar Dan Aman
Sejarah Gamelan Mini Cirebon

Perbedaan Bahan Bakar Premium Pertalite Dan Pertamax

Baha bakar merupakan kebutuhan sehari hari dalam menjalankan aktifitas dengan menggunakan kendaraan, hampir setiap hari kebutuhan bahan bakar sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Di Indonesia khususnya bahan bakar selain dapat kita dapatkan di SPBU banyak penjual ecer yang bisa sobat temukan dijalanan.

Bahan bakar yang biasa dijual di SPBU yakni solar, premium, pertalite, pertamax dan pertamax plus. Perlu diketahui bahwa penggunakaan bahan bakar tidak bisa kita aplikasikan disembarang kendaraan, karena jika salah penggunaan bisa merusak mesin dan komponen dalamnya.

Baik sobat, kita lanjut ke pembahasan inti adalah Perbedaan Bahan Bakar Premium Pertalite Dan Pertamax. Apa sih sebenarnya perbedaan premium, pertalite dan pertamax?. Oke sobat sebenarnya simpel perbedaannya adalah pada kadar octane, warna, dan tingkat polusi yang dihasilkan.

Kadar Octane

Apa itu oktan atau bilangan oktan. Bilangan oktan merupakan angka yang dapat menunjukkan tingkat besar tekanan yang dapat dihasilkan pada mesin sebelum terbakar secara spontan.
Nah berikut kandungan kadar oktan yang ada pada bahan bakar:

- Premium memiliki bilangan oktan 88
- Pertalite memiliki bilangan oktan 90
- Pertamax memiliki bilangan oktan 92
- Pertamax plus memiliki bilangan oktan 95

Semakin besar nilai oktan semakin baik proses pembakarannya.

Warna Cairan

Selain itu, Perbedaan Bahan Bakar Premium Pertalite Dan Pertamax yang terlihat nampak secara fisik adalah dari warnanya.

- Premium berwarna kuning cerah
- Pertalite berwarna hijau terang
- Pertamax berwarna biru kehijauan
- Pertamax plus berwarna merah

Sebenarnya perbedaan warna tersebut adalah agar secara fisik sobat dapat membedakan tanpa harus dicium baunya atau proses lebih lanjut.

Polusi Yang Dihasilkan

Sudah pasti bahan bakar jika melalui proses pembakaran akan menghasilkan polusi, namun perbedaan jenis bahan bakar juga mempengaruhi tingkat besaran polusi yang dihasilkan. Semakin besar bilangan oktan maka semakin baik dan polusi yang dikeluarkan semakin rendah.

Itulah ulasan OmJamal.Com mengenai Perbedaan Bahan Bakar Premium Pertalite Dan Pertamax. Awas ya sobat sebelum mengisi bahan bakar pastikan  sobat memilih bahan bakar yang tepat untuk mesin kendaraan sobat, pilihlah tempat yang tepat sebelum sobat mengisi bahan bakar seperti di SPBU contohnya. Terimakasih, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat sobat sekalian.

0 Response to "Perbedaan Bahan Bakar Premium Pertalite Dan Pertamax"

Post a comment

Penelurusar Bersponsor

Ads di tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Ads OmJamal