OmJamal.Com

Sejarah Gamelan Mini Cirebon

OmJamal.Com - Halo sobat Om Jamal, hari ini mari kita sedikit mengulas tentang Sejarah Gamelan Mini Cirebon atau saron mini dan biasa disebut dengan "kening".

Apa itu Kening?, Kening merupakan kebiasaan kami dalam penamaannya. Adalah alat musik tradisonal dari cirebon berbentuk menyerupai gamelan saron. Kenapa disebut kening karena berbunyi ning nong ning nong atau ting tong ting tong sehingga lebih gampang pengrajin kami menyebutnya dengan kemling atau kening.


Baca Juga:
Hubungan Mengkonsumsi Kopi Dengan Asam Lambung Yang Meningkat

Di buat oleh ayahnya kakek kami(buyut), kami adalah generasi ketiga setelah buyut kami. Dahulu buyut kami tidak hanya membuat kening, tapi juga membuat gendang, gong, bonang, suling dan alat-alat musik tradisional lainnya yang ada pada gamelan dan hanya bisa menjual beberapa unit saja dalam kurun waktu beberapa bulan. Setelah wafatnya buyut, kakek kamilah yang meneruskan budaya tersebut dan yang laris dipasar adalah kening.

Kemudahannya dalam memainkan alat musik ini menjadi primadona dikalangan anak-anak untuk mempelajarinya sebagai pelengkap kegiatan seni musik di sekolah. Sehingga dari latar belakang tersebutlah timbul sebuah ide untuk membuat secara masal karena faktor minat pasar yang tinggi. Hingga saat ini kening sangat laris dan menjadi primadona masyarakat Indonesia.





Sejarah Gamelan Mini Cirebon

Di era global saat ini banyak anak-anak yang mengandalkan gadget sebagai solusi untuk bermain mengisi waktu, bahkan dari sebuah gadget pun bisa terinstall berbagai jenis alat musik modern dan tradisional.  Bukan hal yang negatif menurut kami, namun ketakutan kami hanyalah begitu kayanya indonesia dengan budaya dan seni, sehingga bisa saja terhapus dan terlupakan dari memori dengan terlalu banyaknya mainan modern dari luar negeri.



Namun itu bukan kendala besar, karena hingga saat ini produksi kening semakin meningkat dan permintaan pasar pun semakin tinggi, terbukti dengan adanya reseller kami yang mau membantu memasarkan alat musik tradisional di berbagai jenis toko online seperti bukalapak, tokopedia, shopee, dan website pribadi mereka.



Selain itu para pedagang konvensional pun masih rajin memasarkan produk kening ini hingga ke pelosok daerah mulai dari kota terdekat seperti Indramayu, majalengka, Kuningan, Subang, Bandung, Bogor, Jakarta hingga ke luar pulau jawa seperti Bali Sulawesi, Sumatra dan masih banyak daerah-daerah lainnya.




Kening awalnya hanya memiliki 7 bilah saja bernada Slendro namun karena permintaan pasar yang begitu banyak meminta nada Diatonik (Doremi) kami pun memenuhi permintaan pasar dan hasilnya kening pun laris manis bak jualan gorengan, bahkan produsen seperti kami pun merasa kewalahan dalam menyediakan produk kening tersebut.

Seiring berjalannya waktu alat musik kening (saron) bertambah bilah menjadi 8 bilah, kemudian beberapa tahun kemudian bertambah menjadi 9 bilah, karena nada diatonik ini cocok dimainkan untuk lagu apapun dan dengan 7, 8, 9 bilah tidak cukup ketika di mainkan, sehingga kami tambah lagi hingga menjadi 10 bilah. Sampai sekarang kening tersebut banyak diproduksi dengan varian 8, 9 dan 10 bilah nada.




Waktu demi waktu kegelisahan kami akan cinta terhadap alat musik tradisional ini semakin menjadi dan membuat kami semakin penasaran ingin memiliki terobosan baru dengan alat musik ini menjadi alat musik yang bukan hanya identik dengan mainan anak-anak, namun juga kami ingin meluaskan konsumen ke semua usia.

Sehingga kami menciptakan kening (saron) 15 bilah, 22 bilah, bahkan kami siap melayani model permintaan konsumen.Sehingga alat musik ini tidak hanya dimainkan dan berkolaborasi dengan alat musik lainnya tetapi juga bisa dipajang di rumah sebagai hiasan dan koleksi ruangan.




Berikut beberapa contoh gamelan mini saron (kening) yang juga sudah di produksi oleh partner kami.


Itulah sekilas mengenai sejarah Saron (Kening) Gamelan mini yang ada di Cirebon tepatnya berada di Desa Kondangsari Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon. Jika sobat berminat silhkan pesan di menu atas web ini Jual Gamelan Mini Cirebon, ada beberapa varian yang dapat sobat pilih. 

Atau silakan sobat kunjungi atau hubungi kami di:
WA @081946953434
IG   @JawiSaron
FP   @JualGamelan
YT  @Jawi Saron


0 Response to "Sejarah Gamelan Mini Cirebon"

Post a comment

Penelurusar Bersponsor

Ads di tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Ads OmJamal