OmJamal.Com

Instrumen Gamelan Jawa Yang Paling Sering Di Pentaskan Di Dunia

OmJamal.Com - Halo sobat apa kabar, semoga sehat selalu dan dilimpahkan rizki oleh Allah Swt, amiin. OmJamal akan selalu menyuguhkan informasi penting buat sobat, oleh karena itu sobat simak baik - baik dan baca artikel ini sampai akhir ya. Kali ini OmJamal akan membahas tentang jenis Instrumen Gamelan Jawa yang paling sering di pentaskan.


Gamelan merupakan alat musik yang terdiri dari beberapa instrumen dan dimainkan secara bersama yang menghasilkan irama. Sama sebetulnya dengan musik modern bisa dikatakan band karena terdiri dari beberapa instrumen seperti gitar, piano, drum, bass dan lain - lain. Gamelan juga memiliki beberapa instrumen yang akan OmJamal ulas di bawah ini.

Instrumen Gamelan Jawa Yang Paling Sering Di Pentaskan

1. Kendang

Kendang merupakan instrumen musik yang mengatur irama dan perannya sangan penting, cara memainkannya adalah dengan kedua tangan karena kedua sisi memiliki tabuhan yang dapat dipukul. Kendang biasanya terbuat dari kayu dan kulit hewan seperti sapi atau kambing yang dirancang sedemikian rupa sehingga terbentuk seperti drum namun memiliki suara yang khas jika dimainkan.

2. Bonang

Jika melihat instrumen yang satu ini teringat masa kecil dulu saat penjual es lilin dan membunyikan suaranya, dan memang alat yang digunakan untuk menarik perhatian pembelinya itu adalah bonang yang biasa dipakai dalam instrumen gamelan. Bentuknya yang bulat menyerupai mangkuk namun ada tonjolan di tengahnya berfungsi untuk pusat memukul. Bahan dari bonang sendiri beragam ada yang dari besi, kuningan bahkan perunggu. Dalam satu shaf bonang bisanya berjumlah 6 buah yang memiliki nada slendro ataupun pelog.

3. Saron 

Ada tiga jenis saron dalam instrumen gamelan jawa. Pertama adalah saron demung yang memiliki nada paling rendah bernada pelog/slendro. Kedua, saron barung yang bentuknya sama  dengan saron demung namun memiliki nada dan ukuran yang lebih kecil dari saron demung. Ketiga, saron penerus yang memiliki bentuk yang sama namun nada dan ukuran lebih kecil dari saron demung dan saron barung. Tiap saron memiliki 7 buah bilah dan hanya memiliki satu oktaf nada. Atau sobat bisa baca selengkapnya di Pengertian dan Jenis Gamelan Saron

4. Gong

Gong memiliki bentuk yang hampir sama dengan bonang namun memiliki ukuran yang lebih besar. Dalam pagelaran instrumen gamelan instrumen yang satu ini selalu ada dan selalu dibawa, seperti sudah menjadi ciri khas tersendiri. Jika menyebutkan kata gamelan pasti  ada instrumen gong yang disebutkan.

5. Gambang

Gambang memiliki bilah antara 15 sampai 20 dan terdiri dari 2 oktaf atau lebih. Bentuknya unik, mungkin kalau bisa kita gambarkan seperti kuburan ya, karena ujung dari gambang terdapat  tonjolan seperti batu nisan. 

6. Selenthem

Hampir mirip dengan gambang namun selenthem memiliki rongga - rongga dari bambu yang disusun berderet agar menghasilkan suara yang lebih nyaring. Berbeda dengan gambang dan saron, pemasangan bilah selenthem digantung dan dikaitkan tidak seperti gambang dan saron yang di beri bantalan dibawahnya. selenthem bisanya memilikin bentuk yang lebih tinggi dari gambang atau saron.

Baca Juga:

Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat sobat sekalian yang hanya sekedar membaca atau sengaja mencari informasi mengenai Instrumen Gamelan Jawa. Mari cintai kekayaan budaya dan kesenian Indonesia. Tularkan pengetahuan informasi Instrumen Gamelan Jawa ini ke teman, saudara, atau anak - anak sobat agar pengetahuan mereka bertambah. Terimakasih

0 Response to "Instrumen Gamelan Jawa Yang Paling Sering Di Pentaskan Di Dunia"

Post a comment

Penelurusar Bersponsor

Ads di tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Ads OmJamal