OmJamal.Com

Alat Musik Gamelan dan Keterangannya | Sejarah Dan Fungsi Gamelan

OmJamal.Com – Halo sobat apa kabar semoga kalian dalam keadaan sehat dan dilimpahkan rizki oleh Allah Sang Maha Pemberi Rizki. Kali ini OmJamal.Com akan menjelaskan secara rinci dalam artikel ini mengenai Alat Musik Gamelan dan Keterangannya.




Pengertian Gamelan

Gamelan berasal dari kata gamel yang berarti pukul dan akhiran –an yang berarti kata benda, sehingga jika diartikan secara harfiyah gamelan adalah suatu benda yang di mainkan dengan cara dipukul dan menghasilkan bunyi.

Secara istilah gamelan merupakan alat musik tradisional khas indonesia yang berasal dari jawa, yang memiliki berbagai macam instrumen dimainkan secara bersamaan dan menghasilkan irama yang merdu.

Baca Juga:
Sejarah Gamelan Mini Cirebon
Gamelan Diera Modern

Sejarah Gamelan

Disebut gamelan jawa karena memang penamaannya berasal dari bahasa jawa, namun sebetulnya gamelan bisa kita temui di daerah lain selain jawa, seperti madura, bali, lombok dan sunda.

Alat musik gamelan memiliki bahan kayu dan logam (Timah, Tembaga, Kuningan, Perunggu, Besi). Dengan keterampilan dan tingkat seni yang tinggi bahan bahan tersebut menjadi alat musik yang istimewa dan memiliki nilai yang sangat tinggi.

Seperti pada rancakan kayu terdapat ukiran yang dikerjakan oleh ahlinya yang tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan tersebut.

Dan kalau kita melihat peleburan logam lalu dicetak dan dilaras sehingga menghasilkan nada yang bervariatif seperti Pelog, Slendro, Diatonik(Doremi) dan lainnya, pengerjaan tersebut sangat sulit dan hanya orang orang yang sudah profesional di bidangnya yang bisa melakukan hal tesebut, sehingga menjadikan alat musik gamelan menjadi daya tarik yang spesial bagi masyarakat Indonesia khususnya, dan Mancanegara.

Fungsi Gamelan

Umumnya fungsi gamelan adalah pengiring tari dalam upacara adat dan pagelaran seni, dan hanya dimainkan pada moment moment tertentu.
Hingga saat ini gamelan sering dipakai untuk acara hajatan adat desa dan keraton, namun yang masih sering dipakai adalah untuk acara adat desa dan acara keraton itupun jumlah  penontonnya tidak banyak, sehingga tugas kita ini sebagai penerus dan pewaris bangsa wajib untuk melestarikannya.

Nama - Nama Gamelan

Gamelan dibagi menjadi dua, yaitu gamelan "Pakurmatan" dan "Gamelan Ageng".
Gamelan Pakurmatan sebetulnya untuk mengisi acara penghormatan di istana dan hanya terdapat 3 gendhing khusus diantaranya :

1. Ladrang Rambu Laras Pelog Pathet Nem.
2. Ladrang Rangkung Laras Pelog Pathet Lima.
3. Larang Barang Laras Pelog Pathet Barang.

Gamelan Ageng sendiri memiliki instrumen yang paling lengkap dan sering kita jumpai di berbagai pentas dan pagelaran musik karawitan.

Berikut adalah nama nama gamelan yang ada di indonesia:

a. Gamelan sunda


Gamelan sunda memiliki ciri irama yang lembut dan mendayu dayu, dan gamelan sunda biasanya lebih mendominasi suara seruling. Pada awalnya gamelan sunda hanya memiliki instrumen bonang, jengglong, saron dan gong, seiring berjalannya waktu alat musik gamelan sunda memiliki penambahan instrumen seperti kendang, seruling dan rebab.

b. Gamelan jawa


Memiliki ciri nada yang merdu dan tempo yang lebih lambat, jenis instrumen yang ditonjolkan adalah kendang, gong, metafolon dan gambang. Dahulunya gamelan jawa hanya terdiri dari instrumen gong besar saja, tapi seiring berkembangnya waktu yang tadinya hanya gong besar kemudian ditambah gong gong dengan ukuran yang lebih kecil dan memiliki bentuk yang beragam.

c. Gamelan bali


Gamelan bali atau orang baki biasa menyebutnya gambelan mempunyai perbedaan dengan gamelan jawa, yaitu pada bilah saronnya memiliki ukuran yang lebih tebal, bonangnya lebih banyak dan ritmenya lebih cepat. Ada satu instrumen yang sangat dominan pada gamelan bali adalah ceng – ceng.

Jenis - jenis Instrumen Alat Musik gamelan


a. Slenthem


Merupakan instrumen gamelan yang mempunyai bilah – bilah suara dan pemasangannya dengan cara digantung dan diikat dengan tali berjajar yang dibawahnya terdapat tabung agar menghasilkan suara yang menggema.
Cara memainkannya adalah tangan kana memukul dan tangan kiri mengatur dengung atau menahan getaran yang dihasilkan dari suara selenthem.

b. Gambang



Alat musik yang rancakanya terbuat dari kayu memiliki bilah dari bambu atau besi, biasanya memiliki lebih dari 2 oktaf. Cara memainkannya dengan cara dipukul dengan alat seperti palu.

c. Saron


Saron merupakan keluarga balungan yang biasa juga disebut ricik dan mempunyai dua pasang, laras slendro dan laras pelog. Cara memainkan dengan cara di tabuh dengan alat menyerupai palu dari bahan kayu.

d. Demung


Demung merupakan familly balungan, dalam gamelan terdapat dua demung yang memiliki nada pelog dan salendro. Cara memainkannya dalah dengan cara di tabuh secara bergantian satu sama lain.

e. Bonang



Bonang terbagi menjadi dua yaitu bonang barung dan bonang penerus, antara bonang barung dan bonang penerus harus sinkron dan saling berkolaborasi.

f. Kendhang



Kendhang atau Gendang dalam gamelan berfungsi mengatur tempo permainan musik gamelan. Cara memainkannya adalah di pukul dengan tangan langsung, dan biasanya gendang menjadi pembuka dalam permainan musik gamellan.

g. Kenong



Merupakan alat musik gamelan yang menyerupai gong namun lebih kecil, tapi lebih besar dari pada bonang. Cara memainkannya adalah dengan cara dipukul dengan tongkat berlapis.

h. Rebab



Adalah alat musik yang menyerupai biola namun rebab ini memiliki ciri khas bentuk dan suara yang unik, berbeda dengan biola. Untuk cara memainkannya sama dengan biola dengan cara digesek.

i. Siter



Dalam bahasa jawa alat musik ini bernama siter. Atau umumnya kita bisa mengetahuinya dengan sebutan kecapi. Alat musik ini memiliki senar yang di setel khusus untuk nada slendro dan pelog.

j. Gong



Adalah alat musik yang memiliki ukuran besar dan dimainkan dengan cara dipukul. Pengrajin alat musik ini sudah sangat jarang di Indonesia. Mungkin karena pembuatannya yang dibilang cukup sulit terutama dalam menentukan nadanya.

k. Suling



Suling juga sering digunakan dalam mengiringi permainan musik gamelan. Nadanya yang unik dan mencolok membuat perhatian sejenak tertuju pada alat musik yang satu ini. Cara memainkannya adalah dengan ditiup, dan jari jemari yang mengatir tempo dan nada yang dihasilkan.

Harga gamelan

Karena pembuatannya yang sangat sulit gamelan memiliki harga yang terbilang cukup mahal, namun jika sobat melihat proses pembuatannya yang begitu rumit sobat akan merasa puas jika bisa memiliki seperangkat gamelan.

Untuk harganya bervariatif sesuai budget dan kelengkapan instrumen yang diinginkan.

Mungkin jika diperkirakan harga gamelan adalah sebagai berikut
1. Gamelan dengan bahan besi 25-50 Juta
2. Gamelan engan bahan kuningan 35-100 Juta
3. Gamelan dengan bahan perunggu 100-500 Juta
Nilai harga diatas adalah bukan harga jadi umum gamelan, itu hanya perkiraan budget yang bisa sobat siapkan jika ingin memiliki seperangkat gamelan.

Miniatur gamelan

Jika sobat pecinta gamelan dan tidak bisa memiliki seperangkat gamelan, sobat bisa membeli miniatur gamelan untuk sobat miliki. Banyak sekali pengrajin yang membuat miniatur gamelan dan harganya pun sangat terjangkau.

Cara mendapatkannya sobat bisa mengunjungi toko souvenir yang ada di jawa. Salah satu contoh Souvenir khas jawa barat, tepatnya di desa kondang sari kecamatan beber kabupaten cirebon adalah gambang saron mini.

0 Response to "Alat Musik Gamelan dan Keterangannya | Sejarah Dan Fungsi Gamelan"

Post a comment

Penelurusar Bersponsor

Ads di tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Ads OmJamal