OmJamal.Com

Mengetahui Tingkat Dehidrasi Pada Warna Air Kencing Beserta Tabelnya


Mengetahui Tingkat Dehidrasi Pada Warna Air Kencing Beserta Tabelnya - omjamal.com - Secara tidak langsung pasti kita memperhatikan warna air kencing saat buang air kecil, kadang jernih, kuning, kuning pekat ataupun terkadang berwarna gelap. Atau terkadang seteleah minum obat – obatan tertentu atau vitamin warna urine atau air kencing bisa berwarna hijau ataupun biru. Mari kita kenali warna air kencing dan hubungannya dengan kesehatan.

Warna dan bau dari air kencing sebetulnya memiliki makna pada kesehatan. Ginjal adalah organ penting yang berperan dalam menghasilkan air kencing setelah proses penyaringan dan warna kuning yang dihasilkan disebabkan oleh pigmen Urochrome sedangkan warna air kencing yang normal adalah kuning pucat, dan warna pada air kencing bisa menandakan tingkat dehidrasi pada tubuh kita.

Artikel Unggulan:
Manfaat Mengkonsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa
Ciri Pola Hidup Sehat

Berikut tabel warna urine (air kencing) dilihat dari tingkat dehidrasinya:


1. Kuning Jernih atau Pucat : jika warna air kencing kalian seperti ini berarti tubuh kalian sudah terhidrasi dengan baik dan asupan cairan tubuh sudah tercukupi
2. Kuning Terang & Kuning Transparan : dan ini juga warna air kencing dengan keadaan yang normal artinya tubuh terhidrasi dengan baik dan asupan cairan tubuh tercukupi.
3. Warna Kuning Pucat : jenis warna air kencing ini masih dianggap normal, tetapi bisa juga tubuh kalian membutuhkan air lebih.
4. Kuning : warna kuning pada air kencing kalian menandakan bahwa tubuh kalian kurang cairan dan tidak terhidrasi dengan baik
5. Kuning Gelap : jika air kencing kalian berwarna kuning gelap seperti ini berarti menunjukkan tubuh kalian kurang sehat dan sangat membutuhkan cairan.
6. Kuning Gelap ke oren – orenan : warna air kencing ini menunjukkan kalau kalian menderita Dehidrasi dan segera periksakan ke dokter untuk dilakukan tindakan.

Dalam sebuah penelitian, manusia normal memerlukan sekurang kurangnya 8 sampai 10 gelas air mineral setiap harinya. Hal tersebut penting karena air berperan penting dalam tubuh untuk menangkal dehidrasi. Dehidrasi maksudnya adalah keadaan tubuh dalam keadaan kekurangan air.

Dalam beberapa kasus ada warna air kencing yang tidak biasa diantaranya:

Urine Berwarna Hijau
Kemungkinan terdapat infeksi kandung kemih. Warna hijau muda itu disebabkan oleh kelebihan vitamin B. pewarna makanan juga bisa mengubah warna air kencing menjadi hijau, bahkan makanan alami seperti asparagus juga dapat menyebabkan warna urine berwarna hijau.

Urine Berwarna Biru
Kemungkinan terdapat kelainan pada kandung kemih atau kelebihan kalsium dan vitamin B, obat obatan tertentu yang menyebabkan air kencing berwarna biru.

Urine Berwarna Coklat
Menunjukkan kesehatan yang buruk. Jika urin Anda berwarna coklat, maka temui dokter. Ini adalah gejala Hepatitis, penyakit ginjal, anemia hemolitik dan banyak lagi.

Urine Berwarna Merah Pucat
Jika urin berwarna merah kemungkinan ada darah di dalam urine. Adanya darah pada urine mungkin karena infeksi saluran kemih, batu ginjal, penyakit ginjal atau kanker kandung kemih.

Urine Berwarna Putih Susu
Hal tersebut menunjukkan fosfaturia. Fosfaturia merupakan tahap peningkatan garam fosfat dalam urine. Fosfaturia belum tentu berbahaya. Ini dapat menyebabkan iritasi dan dalam beberapa kasus batu ginjal. Hubungi dokter kalian untuk tindakan pencegahan. Air kencing berwarna putih juga dapat mengindikasikan kebocoran atau limpahan sistem getah bening ke ginjal atau saluran kemih atau chylurie. Ini umum terjadi pada plasmacytoma hyperfosfaterurie dan konstipasi. Air kencing putih susu biasanya menunjukkan piuria (sel darah putih dalam urine)

Itulah penjelasan dari tabel keadaan warna air kencing dilihat dari tingkat dehidrasi, untuk kalian yang masih malas minum air, mulai sekarang jangan malas malasan lagi ya, minumlah minimal 8 sampai 10 gelas setiap hari, agar tubuh kita sehat dan tidak kekurangan cairan. karena kekurangan cairan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh.
Semoga bermanfaat,

0 Response to "Mengetahui Tingkat Dehidrasi Pada Warna Air Kencing Beserta Tabelnya"

Post a comment

Penelurusar Bersponsor

Ads di tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Ads OmJamal