OmJamal.Com

Perbedaan Mudik Dan Pulang Kampung Menurut KBBI


Perbedaan Mudik Dan Pulang Kampung Menurut KBBI - OmJamal.Com - Akhir akhir ini tengah viral mengenai pernyataan mudik dan pulang kampung, apa makna atau arti sebenarnya mudik dan pulang kampung menurut kamus besar bahasa indonesia, mari kita simak bersama sama.

Disaat pandemi wabah virus yang saat ini melanda banyak sekali masyarakat yang kesulitan menjalankan peraturan pemerintah mengenai larangan - larangan yang harus dijalankan saat pandemi ini terjadi beberapa contoh diantaranya social distancing, WFH atau work from home, stay at home, belajar dirumah, dirumah aja, dan saat ramadhan tiba muncul lagi larangan mudik.

Dengan keadaan seperti ini banyak sekali masyarakat yang merasakan kesulitan ekonomi bahkan harus kehilangan pekerjaannya lantaran pembatasan interaksi sosial, untuk karyawan yang WFH atau work from home masih mending karena mereka bekerja dari rumah dan masih mendapatkan gaji dari perusahaan.

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Kesulitan ekonomi terberat adalah saat PHK terjadi di perusahaan yang membuat karyawan kehilangan pekerjaan dan tidak mempunyai penghasilan lagi, disamping para wirausaha kecil yang bergelut dibidang perdagangan yang mana mereka tidak bisa berjualan lantaran pembatasan sosial dan tidak bisa berjualan lagi.

Hal ini mengakibatkan masyarakat pulang ke daerahnya masing – masing karena tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari - hari, jika hal ini tidak dilakukan akan menyulitkan mereka di kota besar, ekonomi yang mulai menipis membuat mereka tidak bisa diam dan bertahan sehingga jalan lain yang di tempuh adalah pulang ke daerah asal masing masing.

Menurut Presiden Jokowi Mudik dan Pulang kampung itu berbeda dalam percakapannya di acara Mata Najwa beberapa waktu lalu, menurutnya Mudik adalah pulang ke kampung halaman menjelang lebaran tiba, sedangkan pulang kampung adalah para pekerja yang sudah tidak bekerja lagi kemudian pulang ke kampung halaman masing - masing.

Menurut KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia mengenai mudik dan pulang kampung adalah:

Mudik : (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman) dari palembang - sampai ke sekayu dan pulang kekampung halaman seminggu menjelang lebaran.


Pulang Kampung : Kembali ke kampung halaman; Mudik : dia - setelah tidak lagi bekerja dikota



Menurut DR. Devie Rahmawati yang merupakan seorang peneliti Program Vokasi Humas di UI menyebutkan bahwa mudik adalah tradisi para migran yang akan kembali pulang ke kampung halaman dalam jangka satu tahun sekali. Sedangkan pulang kampung bisa dilakukan kapan saja.

Menurut Prof. Effendi Ghazali, MPS ID. Ph.D yang merupakan tokoh penting juga ikut angkat bicara mengenai perbedaan mudik dan pulang kampung, beliau mengatakan mengikuti aturan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dimutakhirkan pada Okt. 2019 mengenai perbedaan mudik dan pulang kampung.

Mudik memiliki dua arti yaitu pergi dan berlayar ke udik – hulu (sungai, pedalaman). Kemudian pulang kampung adalah pulang ke kampung halaman. Bahkan ia turut berbahagia dengan pernyataan Presiden yang menyebutkan telah menetapkan pelarangan mudik. Beliau juga menegaskan mungkin Pak Presiden memiliki cukup data yakni yang pulang kekampung halaman dan meninggalkan kota besar itu namanya bukan pulang kampung tapi mereka mudik – ke udik.

Adapaun menurut Agus Wibowo yang merupakan kepala pusat data dan informasi BNPB menyebutkan bahwa mudik adalah aktivitas pulang kampung dalam waktu singkat sedangkan pulang kampung adalah kembali ke kampung dan tidak kembali lagi ke kota.

Kedunya memiliki kesamaan yaitu kembali ke kampung halaman, tentunya hal ini manjadi pro dan kontra dimasyarakat. Karena pelarangannya adalah tidak boleh pulang kedaerah asal masing – masing terlebih dahulu selama pandemi ini terjadi dan dikhawatirkan akan membawa dan menularkan virus ke keluarga yang berada dikampung daerah masing – masing.

Kita berdoa saja agar wabah ini segera berakhir dan segera bisa pulang ke kampung halaman bertemu dengan keluarga masing - masing. Patuhi aturan yang berlaku demi kebaikan kita semua.

Semoga artikel ini bermanfaat,

0 Response to "Perbedaan Mudik Dan Pulang Kampung Menurut KBBI"

Post a comment

Penelurusar Bersponsor

Ads di tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Ads OmJamal