OmJamal.Com

Tata Cara Shalat Ied Di Rumah


Tata Cara Shalat Ied Di Rumah - omjamal.com - Shalat ied biasanya dikerjakan secara berjamaah di masjid, namun saat pandemi sekarang kemungkinan dibeberapa daerah tidak bisa melaksanakan shalat ied secara berjamaah di Masjid, oleh karena itu pemerintah menyarankan agar shalat ied dirumah masing – masing.

Beberapa cara yang dilakukukan sebelum shalat ied dirumah:
1. Mandi terlebih dahulu
Disukai melakukan mandi sebelum terbit fajar, namun beberapa ulama membolehkan mandi dilakukan sebelum fajar, walaupun tidak ada dalil yang mengkhususkan karena mandi merupakan ritual bersih – bersih. Intinya sebelum shalat ied dianjurkan mandi terlebih dahulu.

2. Makan Kurma Dengan Jumlah Ganjil

Makan kurma sebelum shalat Ied disunnahkan makan kurma dengan jumlah ganjil, hal ini menunjukan bahwa hari raya tidak berpuasa. Karena hal ini merupakan sunnah dan kebiasaan Nabi Muhammad sebelum melaksanakan shalat ied dengan memakan kurma, jika tidak ada kurma makan dan minum apa sajayang manis – manis.(AlMughni, Ibnu Qudamah 2/ 275)

Baca : 5 Tips Sehat Menjalankan Puasa Ramadan

Adapun yang berkaitan dengan shalat Ied dirumah
- Jumhur ulama mengemukakan pendapat bahwa shalat ied disyariatkan bagi wanita, budak , orang yang sedang sakit dan musafir walaupun dalam keadaan sendirian dimanapun atau dirumah. (AtTaaj wa Alikliil, AlMawaaq 2/ 580). Dan jika seseorang terlewat shalat ied maka diganti dengan shalat dua rakaat(Shahih AlBukhari 2/ 22-23).

- Waktu shalat ied dilaksanakan setelah hilang waktu terlarang shalat sunnah yaitu kurang lebih 15 menit sesudah matahari terbit, atau awal waktu dhuha saat warna merah langit sudah hilang. Begitupun waktu berakhirnya shalat ied dilaksanakan sebelum waktu terlarang sholat sunnah berikutnya yakni menjelang shalat dzuhur.(AlMughni, Ibn Qudamah AlHanbali 2 280, AlTaaj wa AlIkliil, AlMawaaq AlMaliiki 2/ 569, Hasyiah Ibn Abidin AlHanafi 2/ 171)

- Shalat Ied terdiri dari 12 takbir Zawaid, 7 takbir pada rakaat pertama dan 5 takbir dirakaat kedua. Beberapa ulama berbeda pendapat berkaitan dengan takbiratul ihram dan takbir setelah rakaat pertama lalu berdiri mengucapkan takbir apakah masuk hitungan kedalam 12 takbir tersebut atau tidak . Madzhab Imam AsSyafi’i tidak menghitung takbiratul ihram pada takbir  Zawaid.

- Takbir Zawaid di dilaksanakan setelah doa Istiftah

- Takbir Zawaid di baca berurutan dan di sela – sela takbir tersebut membaca “Subhanallah Walhamdulillah Wa Laa Ilaaha Illallah Wallahu Akbar”

- Mengangkat tangan saat takbir Zawaid

- Jika lupa takbir Zawaid maka tidak perlu sujud syahwi karena hal tersebut hukumnya sunnah

- Membaca surat Al A’la dirakaat awal dan Al Ghasyiah dirakaat kedua setelah membaca surat Al Fatihah.

- Setelah Halat Ied tidak perlu khutbah

Berikut tata cara melaksanakan Shalat Iedul Fitri dirumah saat kondisi pandemi saat ini, semoga hal ini bisa menjadi ilmu yang faat buat kita semua, Allahu A’lam

0 Response to "Tata Cara Shalat Ied Di Rumah"

Post a comment

Penelurusar Bersponsor

Ads di tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Ads OmJamal