OmJamal.Com

Eksisensi Gamelan Saron Mini Cirebon Di Tanah Jawa


Eksisensi Gamelan Saron Mini Cirebon Di Tanah Jawa - omjamal.com - Gamelan Saron Mini Cirebon merupakan alat musik tradisional yang keberadaannya masih eksis dan semakin ramai di masyarakat indonesia, gamelan ini dijuluki dengan sebutan kening.

Bukan tanpa sebab, sebutan tersebut dikarenakan memiliki bunyi ning nong, sehingga orang lebih mudah menyebutnya dengan KENING.

Berada di Desa Kondangsari Kecamatan Beber Kabuaten Cirebon Jawabarat, alat musik tradisional ini semakin hari semakin dikenal dimasyarakat karena sangat mudah untuk dimainkan dan harganya pun sangat terjangkau.

Dengan maraknya alat musik modern dari China yang memiliki harga lebih murah, Gamelan Saron Mini tetap eksis karena memiliki nilai kebudayaan yang sangat erat. Di Jawa sendiri alat musik ini sangat kental dengan budaya keIslaman, pasalnya penyebaran Islam di Jawa pada jaman Para Wali salah satunya menggunakan media pewayangan yang dialamnya terdapat unsur gamelan dalam penyebaran Agama Islam.

Saya sendiri sebagai produsen Gamelan Saron Mini sangat bangga bisa memproduksi alat musik tradisional ini, karena bisa ikut andil dalam melestarikan kebudayaan indonesia.

Di eropa, gamelan kini mulai diminati dan sering dimainkan dalam berbagai acara, mereka sangat antusias dan ingin belajar memainkan alat musik gamelan, bahkan jauh jauh mereka datang dari eropa ke Tanah Jawa hanya ingin belajar memainkan alat musik gamelan.

Kita sebagai warga pribumi mestinya harus lebih bersemangat dalam melestarikan kebudayaan ini.

Buat sobat yang ingin memilikinya berikut link nya:

Saron Gamelan Mini 10 Bilah

Saron Gamelan Mini 13 Bilah

Saron Gamelan Mini 15 Bilah



0 Response to "Eksisensi Gamelan Saron Mini Cirebon Di Tanah Jawa"

Post a comment

Penelurusar Bersponsor

Ads di tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Ads OmJamal