OmJamal.Com

Cara Memainkan Gamelan Saron

Gamelan merupakan seperangkat alat musik yang terdiri dari beberapa instrumen yang saling berkolaborasi sehingga tercipta musik yang unik. 

Gamelan sangat berbeda dengan musik modern, alat musik gamelan diciptakan oleh tangan tangan trampil profesional  menggunakan alat alat dan proses yang sangat tradisional.

Cara memainkan gamelan cukup unik, saya kasih contoh salah satunya adalah Gambang Saron yang dimainkan dengan cara dipukul.

Tidak hanya asal memukul lalu tercipta suatu nada, tapi gambang saron selain dipukul ada tehnik tehnik tersendiri sehingga menghasilkan nada yang beragam.

Berikut beberapa macam tehnik cara memainkan gamelan:

1. Satu Ketuk Pukulan

Tehnik memukul ini menciptakan nada yang panjang, memang sudah karakter saron jika dipukul bilahnya akan menghasilkan nada panjang yang terngiang ngiang, biasanya dengan tehnik satu ketuk pukulan ini dimainkan saat mengiringi lagu yang lembut hening dan indah. Atau yang kita sebut slow song.

2. Dua Ketuk Pukulan

Tehnik ini menciptakan nada echo juga namun memiliki karakter suara yang nge-bit, dan biasanya dipakai saat mengiringi lagu dengan karakter cepat, semangat, horor maupun yang lainnya yang sekarakter.

3. Tehnik Tutup Bilah

Tehnik ini akan menghasilkan nada  tanpa echo, atau yang kita sebut nada mati, tekhnik ini sangat sering digunakan dalam pagelaran wayang. namun tekhnik ini dimainkan untuk mengisi variasi pada nada tertentu. 

Cepat lambatnya ketukan juga merupakan tehnik lain dari cara memainkan gamelan saron.

Semoga artikel ini bermanfaat dan untuk lebih jelasnya Cara Memainkan Gamelan bisa kalian simak di youtube, banyak sekali tutorial tutorial Cara Memainkan Gamelan ya.

Artikel Lainnya:

Instrumen Gamelan Jawa Yang Paling Sering Dipentaskan Didunia

Pengertian Gamelan Saron Dan Jenisnya

Sejarah Gamelan Sunda

Sejarah Gamelan

0 Response to "Cara Memainkan Gamelan Saron"

Post a Comment

Penelurusar Bersponsor

Ads di tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Ads OmJamal