System

Cara Memblokir Pengguna WiFi Ilegal Dengan Mudah

3 min read

 



Jaringan internet merupakan kebutuhan yang tidak bisa di pisahkan dengan pengguna Smartphone untuk berkomunikasi dan terhubung secara Virtual di internet menggunakan media sosial. WiFi (Wireless Fidelity) merupakan media Wireless yang memanfaatkan gelombang radio agar kita bisa terhubung kejaringan lokal maupun internet.

Koneksi WiFi bisa ditemukan dimana-mana, bahkan beberapa tempat menyediakannya secara gratis, namun masih banyak orang yang tidak bertanggung jawab mencoba membobol jaringan tersebut. Banyaknya pengguna WiFi akan menyebabkan kecepatan akses internet menurun, karena pembagian bandwidth ke perangkat wireless client sehingga kecepatan internet akan semakin lambat.

Untuk mengetahui pengguna yang aktif dan terhubung ke Wireless Router cukup mudah anda bisa memblokir pengguna tersebut, berikut langkah konfigurasinya.

1. Masuk ke menu konfigurasi Wireless Router, biasanya menggunakan IP Default 192.168.1.1 kebetulan WiFi yang saya pakai alamat IP Sudah berubah 192.168.20.1




Untuk login default user dan password menggunakan admin

2. Pastikan anda melihat status wireless berapa junlah klient yang terkoneksi ke Wireless Router yang anda gunakan.


3. Untuk memblokir pengguna yang tidak di inginkan, masuk ke Menu Firewall >> MAC Filtering


4. Pilih salah satu MAC Address yang ingin di Blokir


5. Setelah itu Klik tombol Add


Dari langkah langkah yang sudah di jelaskan di atas mungkin ada perbedaan menu pada beberapa merk Wireless Router yang lain, namun pada inti nya sama saja. Kebetulan saya menggunakan Totolink A830R.

Demikianlah beberapa cara memblokir pengguna WiFi yang tidak dikenal. Semua konfigurasi di atas dapat dilakukan dengan menggunakan Smartphone Android, semoga informasi ini berguna bagi anda selamat mencoba.

Need More?
Komentar