System

Cara Mengatasi Laptop Tidak Connect Internet

4 min read

 



Setiap orang pernah mengalami masalah serupa, laptop tidak tersambung ke jaringan internet padahal sudah tersambung ke WiFi sayangnya tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara memperbaikinya. Pada kondisi tertentu kadang laptop tidak bisa terkoneksi ke jaringan internet, permasalahan seperti ini banyak faktor seperti driver wireless perlu di update, wireless router untuk akses internet terjadi masalah dan masih banyak lagi.

Pertama untuk mengecek jaringan WiFi bisa berfungsi dengan baik pastikan anda cek apakah perangkat lain juga bisa tersambung, jika bisa silahkan coba apakah laptop anda terkoneksi. Jika laptop yang anda gunkaan tidak bisa namun perangkat lain bisa artinya permasalahan terjadi pada laptop yang anda gunakan.

Permasalahn seperti ini biasanya adapter wireless laptop tidak suport dengan standart wireless yang baru yang terpaasang pada Wireless router sehingga, misalkan laptop anda menggunakan standart 802.11b sedangkan wireless router yang di gunakan sudah memakai standart baru 802.11ac. Salah satu caranya anda membeli Wireless USB yang suport dengan standart baru, untuk pemasangan tinggal colok ke USB laptop anda.

Jika laptop yang anda gunakan sudah mendukung standart baru 802.11ac, hal yang perlu anda perhatikan adalah melakukan update driver yang sesuai dengan vendor adapter wireless yang anda gunakan.

Pertama-tama Anda perlu memeriksa jaringan WiFi pada notification area icons yang terdapat di pojok kanan bawah. Pada internet access apakah terdapat ikon tanda seru berwarna kuning?, Simbol tersebut merupakan tanda bahwa perangkat laptop Anda tidak terhubung dengan jaringan internet WiFi.

Anda tidak akan terhubung internet jika ikon tersebut masih muncul. Untuk memperbaikinya, berikut langkah-langkah mengatasi laptop tidak bisa konek WiFi:

1. Pengaturan jaringan internet

Langkah 1 - Masuk ke Open Network and Sharing Center,


Langkah 2 - Pilih Menu Change Adapter Options


Langkah 3 - Masuk ke Properties Wi-Fi dengan cara Klik Kanan.


Langkah 4 - Klik Dua Kali Pada Internet Protocol Version 4


Langkah 5 - Aktifkan Fitur Otomatisnya, dengan cara pilih obtain IP address automatically


Pilih Obtain and IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically agar WiFi bisa mencari pengaturan IP Address dan DNS secara otomatis berdasarkan service dari DHCP Server.

2. Cek Driver Ehternet
Driver ethernet yang rusak atau hilang bisa menyebabkan koneksi ke ethernet menggunakan kabel LAN menjadi bermasalah, biasanya driver ethernet yang belum terinstall ethernet tidak terdeteksi pada icon network.

Anda bisa lakukan installasi driver dari komputer dengan menekan tombol Windows+R pada keyboard > ketik devmgmt.msc

Setelah program Device Manager terbuka pilih pada device bernama Network adapter >> klik pada tanda panah kecil di sampingnya untuk expand.

Cek apakah di sana ada device bernama Ethernet controller?

Jika tidak ada, klik expand pada menu Other devices, terlihat device Ethernet Controller dengan tanda warning berwarna kuning, artinya driver belum terinstall.



3. Cek kabel pada router
Jika anda menggunakan koneksi kabel maupun wireless pastikan router sudah tersambung ke jaringan internet, dengan indikator internet menyala. Koneksi internet yang bermasalah bisa terjadi karena wireless router tidak terkoneksi ke jaringan internet.

Demikian artikel untuk mengatasi masalah laptop tidak bisa terkoneksi ke internet, semoga tutorial ini bisa membantu masalah anda, selamat mencoba.
Need More?
Komentar