System

Cara Meningkatkan Pencarian Website di Google

3 min read

 



Saat anda pertama kali memiliki sebuah website dengan berbagai macam template yang menarik, selanjutnya yang perlu di pikirkan bagaimana mengoptimalkan halaman website anda agar bisa muncul di mesin pencarian. Teknik mengoptimalkan web agar muncul di mesin pencari dinamakan dengan SEO (Search Engine Optimization). 

Saat anda riset SEO mungkin yang anda pikirkan bakal optimasi keyword kata kunci, jika belum mendapatkan hasil yang memuaskan anda perlu mencari faktor lain yang signifikan yang berpengaruh terhadap ranking website anda di mesin pencari.

Algoritma pencarian google tidak hanya dipengaruhi oleh keyword, dalam menentukan peringkat website anda, beberapa faktor yang mempengaruhi di antaranya berapa banyak waktu yang dihabiskan pengunjung di website broken links, jumlah view, bounce rate, kualitas inbound dan outbond link, dan masih banyak faktor lain.

Tulisan kali ini saya akan berbagi hal yang mendasar cara optimasi SEO dari google, berikut ini beberapa tahapan yang harus dilakukan pada website anda.

1. Website memiliki isi yang berkualitas

Hasil pencarian di Google merupakan informasi yang di inginkan oleh pengguna, jika website anda memiliki konten yang berkualitas secara otomatis pengguna akan menyukai website anda. Parameter seperti akan di baca oleh google berapa lama pengunjung bertahan di website anda (session duration). Namun setelah masuk ke web Anda, pengujung langsung kabur (bounce rate tinggi), maka Google bisa menilai web anda memiliki isi yangkurang disukai oleh pengunjung.

2. Kecepatan loading dan kompatible antar perangkat.

Semakin banyak pengguna internet serta pencarian online sudah mulai di dominasi oleh perangkat mobile, sehingga Google akan menyesuiakn algoritma dengan pengguna untuk akses ke sebuah website. Faktor yang mempengaruhi yakni template hosting yang digunakaan serta platform CMS.

3. Menggunakan SSL/HTTPS di Website

Keamanan sebuah website dalam melindungi data pengunjung menjadi prioritas seperti saat bertransaksi, jaminan keamanan data pengunjung lebih terjamin jika menggunakan  SSL/HTTPS. fasilitas SSL ini juga sangat disukai oleh search engine paling popular zaman ini yaitu Google.

4. Membuat Website User Friendly

Anda perlu memperhatikan kondisi website seperti menu utama yang tidak terlalu rumit, akan memudahkan pengunjung dalam mencari artikel yang di sukai. Waktu loading yang tidak terlalu lama saat dibuka menggunakan device mobile ini sangat berpengaruh karena akses internet bandwidth di negara kita masih kecil. Berdasarkan riset Google, pengunjung web akan meninggalkan halaman website kita jika paling lama loading wesbsite lebih dari 3 detik selain itu perhatikan juga desain website yang baik.

5. Meningkatkan Organik Trafik

Istilah ini biasa digunakan untuk mendeskripsikan sebuah kunjungan menuju website melalui hasil pencarian yang organik dari sebuah mesin pencari, bukan dari iklan-iklan berbayar. Perbedaan antara organik dan paid traffic adalah penggunaan biaya. Organik trafik bisa Anda dapatkan dengan gratis dengan optimasi mesin pencari, sedangkan paid traffic akan berbayar. Faktor lain yang mempengaruhi hasil pencarian dimana trafik berbayar secara instant sedangkan organik trafik membutuhkan waktu yang lama agar ter indek oleh mesin pencari. 

6. Perbanyak Konten Artikel Website

Mesin pencarian berpengaruh oleh hasil pencarian yang ada disebuah website berdasarkat kata kunci yang di cari oleh pengguna, jika konten judul artikel sebuah website masih sedikit dipastikan tidak akan ditampilkan oleh mesin pencari. Anda perlu konsisten mengisi konten artikel, jika anda malas mengisi konten bisa membeli konten artikel oleh jasa penulis website.

7. Memanfaatkan Media Sosial

Media Sosial merupakan sarana pendukung yang sangat menarik untuk meningkatkan trafik pengunjung website, karena pengguna internet pasti memiliki akun media sosial. Media sosial merupakan tempat berbagi yang didukung oleh fitur sharing yang disediakan di setiap platform media sosial. Perlu di ingat ada beerapa kriteria tertentu saat anda posting tautan di media sosial agar menjadi viral, Beberapa di antaranya adalah memiliki konsep yang bagus, memiliki konten yang unik dan menarik, dan diunggah pada saat prime time waktu yang tepat.

Itulah beberapa strategi SEO untuk meningkatkan traffic website, Hasil dari SEO bukanlah sesuatu yang instan langsung dapat di petik hasilnya namun membutuhkan sebuah proses. Dengan optimasi SEO dapat membantu anda meningkatkan brand awareness dengan biaya yang lebih hemat, dan meningkatkan ranking pada mesin pencari.

Need More?
Komentar