System

Pengertian Jenis dan Fungsi Wireless Router

2 min read

 




Setiap pemakai gadget pasti familiar dengan wireless router mungkin sebagian orang masih belum paham bagaimana alat tersebut bisa bekerja dan mentransmisikan data menggunakan gelombang wireless sehingga mempermudah dalam kehidupan sehari hari untuk penggunaan perangkat smartphone, laptop dll.

Perangkat Router biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa network yang berbeda, antara jaringan internet dengan jaringan local (Lan) atau LAN ke LAN yang memiliki IP network yang berbeda. Sebuah wireless router dapat di fungsikan sebagai wireles access point kedua perangkat tersebut kelihatannya sama, namun cara kerja alat tersebut berbeda. 

Pengertian Wireless Router.

Sebuah Wireless Router merupakan perangkat yang melakukan fungsi router dan juga termasuk fungsi dari wireless access point . Digunakan untuk akses jaringan ke internet dapat berfungsi sebagai jaringan LAN dan Wireless LAN. Meskipun menggunakan jaringan wireless WLAN juga memiliki port LAN yang digunakan untuk jaringan kabel LAN.

Perbedaan Access Point dan Wireless Router 

Sebuah Access Point hanya memancarkan sinyal radio untuk menjembatani jaringan wireless dan kabel, Access Point tidak bisa membuat network baru karena alamat IP Address harus di berikan oleh perangkat Router seperti mikrotik, cisco, dan router yang lain.

Wireless router memiliki fungsi router seperti NAT (Network Address Translation) sehingga bisa membuat jaringan network baru, memiliki fungsi DHCP Server, Firewall dll. Wireless Router memiliki port WAN yang digunakan untuk menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN.

Seperti apa model Wireless router

Ada beberapa macam jenis Wireless router yang bisa digunakan untuk jaringan Rumah, Kantor, ataupun Perusahaan. Berbagai macam bentuk router yang ada saat ini seperti Internet kabel menggunakan fiber optik dan ADSL juga dilengkapi dengan wireless. Ada juga wireless router yang terhubung dengan kabel LAN yang mana digunakan untuk memperluas jangkauan wireless yang tidak tercover oleh wireless router utama.

Wireless router yang dijual ada banyak merk seperti Mikrotik, Ubiquiti, TP-Link, Toto Link, Tenda, D-Link. Peralatan tersebut juga memproduksi wireless untuk keperluan outdoor di samping untuk indoor.

Perbedaan Wireless Indoor dan Outdoor

Biasanya wireless Outdoor memiliki jangkauan yang cukup jauh sampai puluhan kilometer, karena wireless radio yang digunakan memiliki power yang tinggi serta dukungan antena yang memiliki tingkat dbi yang besar, sedangkan wireless indoor hanya mencakup dalam ruang rumah atau kantor yang memiliki jangkauan terbatas puluhan meter.

Wireless Outdoor digunakan untuk menghubungkan jaringan antara beberapa lokasi yang tidak memungkinkan oleh jaringan kabel seperti fiber optik karena terkendala infrastruktur dan lingkungan yang ekstremm yang hanya bisa di jangkau oleh jaringan wireless outdoor.

Untuk pemsangan wireless outdoor membutuhkan alat dan keahlian khusus seperti tiang antena, jenis antena yang digunakan, jenis wireless radio, serta mengukur banyak nya interferensi jaringan sekitar yang memungkinkan terjadi gangguan saat proses transmisi data.

Masing masing perangkat Wireless memiliki frekuensi yang berbda beda yakni 2,4 GHz dan 5 GHz frekuensi tersebut memiliki perbedaan yang signifikan mulai trasmisi data hingga bandwidth yang bisa di kirim. Jadi jika ingin memasang wireless perlu diperhatikan akan memakai frekuensi yang mana.

Untuk wireless terbaru umumnya sudah menggunakan standart 802.11 ac yang bekerja pada dua frekuensi 2,4 GHz maupun 5 GHz sehingga mampu mengirim data dengan jumlah 2 kali lebih besar.



Need More?
Komentar